Vertigo ??

Apa sih Vertigo itu?

Vertigo adalah suatu gejala – gejala yang biasanya ditandai dengan pusing, mual, muntah. Namun pusing disini bukan pusing biasa. Ruangan seperti berputar, padahal penderita berdiri/duduk biasa, walaupun dalam kondisi tiduran sekalipun. Atau rasanya ingin jatuh saat berjalan, padahal tidak apa – apa. Biasanya disertai dengan keringat dingin, mual dan ingin muntah. Pada beberapa kasus, rasa sakit vertigo berkurang jika penderita muntah – muntah. Vertigo dapat muncul sewaktu – waktu dan tidak kenal tua ataupun muda.

Vertigo disebabkan oleh beberapa hal. Yang paling sering adalah stress dan kecapaian. Biasanya vertigo menyerang orang yang mempunyai pekerjaan dengan tingkat kesibukan dan stressing yang tinggi. Makanya kadang – kadang vertigo disebut juga penyakitnya orang sibuk. Namun, ada juga faktor lain, seperti tersumbatnya pembuluh darah sehingga aliran darah ke otak kurang, atau bisa juga karena ada gangguan “rumah siput” di telinga yang mengatur keseimbangan kita.

Berbahayakah ?

Eemmm, bahaya atau tidaknya, aku juga belum tau. Biasanya disertai dengan menurunnya tekanan darah. Umumnya, serangan vertigo termasuk dalam kategori ringan. Tapi jika serangan terjadi berulang ulang, sebaiknya anda perikasakan ke dokter. Yang pasti, kalau vertigo muncul saat kita sedang mengendarai kendaraan, tentu saja ini sangat berbahaya bagi kita maupun orang lain. Karena vertigo dapat datang sewaktu – waktu.

Cara mencegah…

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Agar terhindar dari vertigo, ada beberapa cara. Pertama, atur posisi tidur anda. Jangan terlalu sering miring kekiri atau miring kekanan. Biasakan tidur dengan posisi bergantian miring kanan – kiri. Lalu, jaga kondisi fisik anda. Jangan terlalu banyak memikirkan hal yang berat – berat dan mempunyai tingkat stressing tinggi. Jangan biasakan membungkuk saat mengangkat barang. Sementara baru itu yang bisa saya kasih.

Saat vertigo menyerang…

Jangan panik. Berusahalah untuk tetap tenang. Apalagi anda sedang mengendarai kendaraan. Cari posisi untuk tiduran yang aman dan senyaman mungkin. Tarik napas dalam dalam, pejamkan mata dan cari posisi untuk anda berbaring, lalu duduk. Tunggu beberapa menit untuk memastikan serangan vertigo berkurang atau tidak. Jika anda merasa ingin muntah, mintalah teman untuk membantu anda ke toilet. Biasanya setelah muntah rasa sakit akan menghilang sedikit demi sedikit. Berbaringlah hingga serangan vertigo berkurang/hilang. Buka mata pelan – pelan, lalu miringkan badan / kepala anda kekiri atau kekanan. Jika gerakan ini menyebabkan serangan lagi, kembali pejamkan mata dan ke posisi semula. Jika dirumah ada obat antivertigo, anda dapat mengonsumsinya. Dengan mengonsumsinya, anda tidak akan muntah. Periksakan diri ke dokter jika serangan tidak juga berkurang.

Leave a Reply

Jangan lupa kasih komen disini yaaahhh :D