sebuah kisah

Aku melihat dunia ini sudah mulai kacau. Dunia ini sudah seperti hidup dalam kesemrawutan. Saat itu, aku bercita – cita untuk merubah dunia agar menjadi lebih baik. Aku berusaha keras untuk dapat mencapai cita – citaku... semua usaha aku lakukan... lama, butuh waktu yang sangat lama.. namun, aku pun akhirnya sadar, aku tidak dapat merubah dunia... aku hanya seorang manusia biasa...


lalu, aku mulai membuat cita – cita yang baru. Aku ingin merubah negara ku!! ya! Negaraku !! aku pikir ini mungkin lebih baik. Lebih mudah aku lakukan. Aku mulai berusaha agar bisa merubah negaraku menjadi lebih baik. Tapi aku butuh waktu untuk itu semua. Aku menyadari bahwa aku semakin tua dan cita – citaku pun belum terwujud...sulit!


Lalu aku berubah pikiran. Aku ingin merubah keluargaku!! aku ingin merubah keluargaku agar menjadi lebih baik. Segala upaya aku lakukan. Tapi, mereka tetap tidak mau berubah. Aku masih tetap berusaha, dan waktu pun terus memburu umurku. Umurku semakin senja. Tapi mereka tetap tidak berubah...


Aku mulai putus asa. Aku mulai putus asa di usiaku yang sudah senja ini. Aku mulai lelah dengan ini semua. Suatu waktu, aku merenung, dan menemukan suatu pemikiran... mengapa aku tidak merubah diriku sendiri?? aku mulai mencoba merubah diriku sendiri agar menjadi lebih baik. Dan... ini sangat mudah aku lakukan... aku merasa ada sesuatu yang berbeda dari diriku.. saat itu, aku mulai merubah keluargaku... tak kusangka, ini lebih mudah dari sebelumnya.. aku berhasil merubah keluargaku...


tapi, waktu berkata lain... aku dipanggil ke Rahmatullah sebelum aku dapat merubah dunia... aku sedikit menyesal dengan apa yang aku alami. Mengapa aku dulu tidak mulai dengan merubah diriku sendiri...lalu keluargaku, negaraku, dan yang terakhir, dunia...


===


hummm, cerita yang sangat menarik...aku dapet cerita itu waktu aku mengikuti suatu acara di sekolah. Banyak sekali pelajaran yang dapat kita ambil dari kisah di atas. Pertama, mulailah dari diri kita sendiri..karena diri kita lah yang menjadi contoh saat kita mencoba merubah orang lain. Kedua, mulai dari yang kecil. Mulai dari hal yang sepele dan mudah. Karena kita biasanya kesusahan untuk memulai hal yang besar. Ketiga, mulai dari sekarang. Mulailah berubah dari saat ini. Saat kita masih kuat. Saat kita masih di beri waktu...

One Response so far.

  1. briliana says:

    bener bangedh tuh dit , stuju .

Leave a Reply

Jangan lupa kasih komen disini yaaahhh :D